Fungsi Uang yang Tidak Hanya Sebagai Alat Pembayaran

Uang selama ini dikenal dengan fungsinya yang hanya satu yakni sebagai alat pembayaran saja. Padahal fungsi uang lebih dari itu, dan uniknya adalah alat pembayaran merupakan fungsi turunannya dan bukan fungsi utama.

Memiliki Banyak Fungsi yang Tidak Disadari

Lalu apa sih fungsi dari uang yang lainnya sebagai alat pembayaran, apakah melenceng jauh atau tidak. Bagi yang penasaran berikut ini merupakan fungsi uang adalah.

1. Sebagai Alat Tukar

Pertama adalah fungsi utama uang yakni fungsi uang sebagai alat tukar atau medium of exchange. Alasan mengapa alat tukar menjadi fungsi utama, karena pada dasarnya uang digunakan untuk memudahkan proses pertukaran dan tidak terjadi kesalahan nominal.

2. Satuan Hitung

Selain sebagai alat tukar, fungsi utama uang lainnya adalah sebagai satuan hitung yang bisa dibilang sebuah keharusan. Karena kalau tidak adanya satuan hitung ini, maka akan timbul kesulitan bagi orang-orang untuk menentukan harga dari barang ataupun jasa.

3. Menunjukkan Harga

Setelah menentukan satuan hitungnya, maka uang menjalankan fungsi turunannya yakni menunjukan harga. Jadi seseorang bisa membeli barang dengan mudah, tanpa takut akan terjadi kelebihan ataupun kekurangan.

4. Penimbun Kekayaan

Fungsi ini bukan dalam konotasi yang negative, melainkan uang sebagai bagian dari harta yang dimiliki oleh seseorang. Jadi kalau seseorang menyimpan banyak uang, maka bisa dikatakan bahwa orang tersebut memiliki banyak kekayaan.

5. Pemindah Kekayaan

Terakhir adalah uang memiliki fungsi sebagai pemindah kekayaan yang artinya kekayaan seseorang bisa dipindahkan dalam bentuk lain dengan uang sebagai perantaranya.

Jadi ternyata fungsi uang ini sangat banyak, dan juga sangat luas tidak hanya sebagai alat pembayaran utama saja.

Sumber: gasken.co

Baca Juga: cara menghilangkan jejak dari pinjaman online