CURUG BATU NGAMPAR DI GUNUNG BUNDER COCOK UNTUK WISATA KELUARGA

Halo sobat zona traveller Jalan- jalan ke Bogor, ke mana betul jika ingin cari yang adem- adem? Banyak nyatanya, tetapi salah satunya yang populer serta gampang dijangkau merupakan Hutan Darmawisata Gunung Bunder ataupun terdapat yang menyebutnya Gunung Salak Endah sebab julukan jalannya merupakan Jalur Raya Gunung Salak Endah. Sebaliknya Gunung Bunder merupakan julukan dusun di Kecamatan Pamijahan, bukan julukan gunung. Di area yang ialah bagian dari Halaman Nasional Gunung Halimun- Salak ini banyak sekali ada curug. Ingin seleksi yang menantang terdapat, semacam Curug Seribu. Ingin seleksi yang sesuai untuk liburan keluarga, terdapat pula, salah satunya Curug Batu Ngampar ataupun Batu Ampar.

Gimana KE GUNUNG BUNDER?

Dari Jakarta masuk tol Jagorawi arah Bogor atau Ciawi, pergi di exit Sentul Selatan atau City( Lingkar Bogor, Kd. Melintang), langsung kelok kanan, ambil tol Lingkar Bogor, pergi di Dramaga. Simak jalur hingga bertemu lampu merah, kelok kiri ke arah Dramaga atau Leuwiliang( Jalan. Abdullah bin Nuh). Bertemu perempatan McDonald’ s lurus saja, hingga setelah itu bertemu pertigaan mentok, kelok kanan, susuri Jalan. Raya Dramaga. Dekat 10 menit sehabis melampaui kampus IPB Dramaga terdapat pertigaan, dengan indikator DODIKLATPUR, nah di sana ambil ke kiri. Kita telah merambah Jalan. Cicadas, wilayah Ciampea. Dekat 20 menit setelah itu, terdapat percabangan, ambil yang kiri, itu kita telah merambah jalur Dusun Gunung Bunder, nama lain Jalur Gunung Salak Endah. Kontur jalanan memanjat, kecil serta lika- liku. Kurang lebih berkendara 20 menit lagi, tibalah kita di gapura masuk TN Gunung Halimun Salak. Di mari kita wajib melunasi karcis masuk halaman nasional sebesar Rp 10. 000 atau orang serta Rp 10. 000 buat mobil. Mmm, butuh dikenal, harga yang tercetak di karcis cuma Rp 5. 000, serta 4 bulan lalu MyTrip ke mari pula cuma beri uang Rp 7. 500. Entahlah…

5 simpati menit melewati area halaman nasional dengan hutan pinus yang menaungi, tibalah kita di gapura Curug Batu Ngampar di kanan jalur. Beri uang per orang Rp 7. 500. Jalur masuknya cuma lumayan buat 1 mobil, menyusut lumayan runcing, jalannya berbentuk batu atau semen. Tidak jauh. Zona parkir lumayan mencukupi. Beri uang parkir mobil Rp 10. 000.

Gimana Atmosfer CURUGNYA?

Dari tempat parkir buat ke curug kita wajib jalur kaki menyusut di rute undakan batu natural yang telah ditata apik. Saat MyTrip datang medio Februari kemudian nampak sebagian gazebo lagi dibentuk oleh masyarakat. Maklum, curug ini terkini dibuka dekat 5 bulan kemudian. Diatur oleh masyarakat setempat, dengan pengawasan dari pihak halaman nasional, serupa semacam curug- curug lain di Gunung Bunder.

Hanya 5 menit, kita telah datang di zona curug. Sebab itu kanak- kanak ataupun lanjut usia bisa banget ke curug ini. Bila cuma mau melihat curug dari kejauhan, silakan duduk- duduk saja di kursi jauh serta gazebo di sisi kanan yang langsung kita lewatkan duluan sedemikian itu hingga di zona curug. Yang ingin motret curug dengan angle yang luas, susuri jalur selangkah berumput di bagian kiri. Dari sana kita dapat memfoto curug komplit dengan gerakan sungainya. Tetapi dari bagian ini kita tidak dapat mendekat ke zona curug.

Dilansir dari sumber zona traveller Buat mendekat ke curug kita wajib melalui bengawan kecil serta cetek yang ialah gerakan dari curug. Terdapat serakan bebatuan yang dapat jadi injakan. Namanya pula Batu Ngampar, betul banyak batu ngampar atau berantakan di sejauh bengawan ini. Berjalanlah sedikit lagi buat menggapai zona curug yang kira- kira tersembunyi di antara tebing batu. Curug setinggi+ atau- 3 meter itu membuat kolam. Airnya tertampung sebab sebagian m di depan curug dibentuk bendungan. Untuk kanak- kanak yang belum dapat berenang janganlah berenang di mari sebab kolamnya lumayan dalam.

Buat kanak- kanak, hening, terdapat zona lain buat berendam kok. Sedemikian itu menyeberang bengawan, berbeloklah ke arah kanan, kemudian turun ke dasar, tidak sulit jalannya. Di sana gerakan bengawan membuat curug kecil serta leuwi atau kolam di bawahnya. Di sinilah kanak- kanak nyaman berendam.

Gerakan bengawan di depan curug yang letaknya lebih di dasar ini kembali membuat curug lain yang lebih besar. Cinta, kita kira- kira sulit melihatnya sebab terhalang rerimbunan tumbuhan bambu.

Terdapat Sarana APA SAJA?

Di zona penting curug terdapat kamar kecil serta pula kamar basuh. Simpel, dari dinding, tetapi lumayan mencukupi. Sebaliknya di sejauh jalur mengarah curug, semacam mulanya telah diucap, terdapat sebagian gazebo. Sedangkan ini gazebo sedang free, tetapi ke depannya hendak berbayar. Di zona parkir ada kamar kecil pula serta gerai makan simpel. Lumayan mencukupi lah prasarananya buat suatu liburan keluarga yang ekonomis hidup.