Setiap orang tua pastinya ingin memberikan hal yang terbaik bagi buah hatinya, tak terkecuali dalam hal pendidikan. Tidak heran apabila banyak orang yang berlomba lomba untuk memasukkan anaknya di sekolah unggulan. Namun apakah benar sekolah yang anda tuju memang berkualitas dan terbaik ? Untuk mengetahuinya, tengok beberapa ciri berikut ini.

Ciri Sekolah yang Berkualitas

1. Kualitas Guru

Tenaga pengajar yang berkualitas merupakan salah satu ciri utama dari sekolah yang bagus. Karena guru memiliki peran yang besar dalam membuat peserta didik menjadi anak yang sukses di masa depan. Dimana guru yang berkualitas ini dapat menguasai mata pelajaran yang diajarkan dan handal dalam menyampaikannya.

Sehingga dapat memberikan dampak positif kepada para peserta didik, seperti tercapainya keberhasilan belajar siswa selama sekolah. Dan orang tua sendiri bisa mengetahui kualitas guru ini dengan cara mencari informasi sebanyak banyaknya. Mulai dari melihat lamanya guru mengajar, latar belakang pendidikannya, dan mendatangi sekolah secara langsung untuk melihat cara mengajarnya.

2. Kualitas Lulusan

Selain kualitas guru, ciri ciri sekolah unggulan berikutnya yaitu memiliki lulusan yang berkualitas. Terlebih seperti yang anda ketahui bahwa kualitas alumni ini dapat memberikan pengaruh terhadap akreditasi sekolah. Jadi apabila alumninya banyak yang sukses, maka bisa dipastikan bahwa akreditasi sekolahnya juga baik.

Pun sebaliknya, akreditasi sekolah yang baik memberi peluang besar mengeluarkan deretan lulusan yang baik. Untuk mengetahuinya, anda bisa melihat bagaimana para alumni dari sekolah tersebut melanjutkan studi. Apakah diterima di sekolah bergengsi untuk jenjang selanjutnya atau tidak.

3. Mempunyai Fasilitas yang Memadai

Adanya fasilitas memadai menjadi salah satu indikator dari sekolah yang berkualitas. Pasalnya fasilitas di sekolah tersebut dapat mendukung praktik belajar siswa dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Misalnya fasilitas seperti ruang kelas, perpustakaan, sarana olahraga, laboratorium, ruang ibadah, dan masih banyak lagi lainnya.

4. Lingkungan yang Kondusif

Memiliki lingkungan kondusif menjadi salah satu ciri sekolah berkualitas yang terbaik. Karena lingkungan belajar kondusif ini sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan siswa. Bahkan tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan optimal ketika lingkungan menjadi kondusif. Sebab jalannya KBM menjadi lebih efektif dan efisien pada kondisi tersebut.

5. Kurikulum yang Digunakan

Kurikulum yang baik merupakan salah satu ciri sekolah unggulan yang berkualitas. Dimana kurkikulum ini sendiri merupakan pedoman bagi para pengajar untuk mencapai tujuan akhir pembelajaran. Ada sekolah yang menerapkan kurikulum nasional maupun kurikulum luar seperti International Baccalaureate, Cambridge, Singaporean Primary School Curriculum, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa ciri dari sekolah berkualitas yang perlu anda perhatikan. Dimana ciri ciri di atas bisa anda temukan pada Sekolah Murid Merdeka. Meskipun baru berdiri sejak tahun 2019 lalu, sekolah ini sudah menunjukkan bagaimana kualitasnya yang mumpuni. Bagi anda yang berminat, Sekolah Murid Merdeka menyediakan jenjang dari PAUD sampai SMA.