Cara Mengoperasikan Mesin Kasir

Bagi anda yang berkecimpung dalam bisnis jual beli, penggunaan mesin kasir atau cash register menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan tentunya. Adanya mesin kasir ini dapat memudahkan saat proses transaksi sehingga lebih efektif dan juga efisien.

Hal lain yang paling penting lainnya adalah anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengoperasikan mesin kasir. Sehingga nantinya dapat mendukung kegiatan bisnis yang anda lakukan. Umumnya ada 2 jenis tipe mesin kasir yang digunakan yaitu mesin kasir dengan scanner dan mesin kasir manual. Lalu bagaimana cara mengoperasikan keduanya? Anda bisa melihat langkah-langkah dibawah ini.

Mengoperasikan Mesin Kasir Dengan Scanner

Untuk cara mengoperasikan mesin kasir yang satu ini sebenarnya sangat mudah, karena kasir hanya perlu melakukan scan barcode yang terdapat pada barang menggunakan mesin scanner. Pada saat menscan, nantinya akan muncul nama, jumlah, dan juga harga barang tersebut. Jika pembeli membeli barang yang sama lebih dari satu, maka anda bisa menscan barang satu persatu. Atau juga bisa juga dengan menekan tombol Esc dan kemudian masukkan angka sesuai dengan jumlah barang yang dibeli setelah itu tekan enter. Nantinya akan muncul pada monitor mesin kasir nama, harga dan jumlah barang yang dibeli konsumen.

Lalu bagaimana jika tidak terdapat barcode para barang tersebut? Maka anda dapat melihat PLU barang yang akan dicek dengan menekan tombol F1. Lalu selanjutnya dalam cara mengoperasikan mesin kasir, anda perlu mengetik manual PLU barang dan nantinya akan muncul nama, harga dan juga jumlah barang.

Selanjutnya anda bisa memilih menu pembayaran yang akan digunakan konsumen, ingin memilih pembayaran tunai atau non tunai. Jika pembayaran dilakukan tunai, masukkan jumlah uang yang diberikan konsumen dan kemudian enter. Setelah itu transaksi selesai dan anda bisa memberikan uang kembalian sesuai dengan yang tertera di mesin kasir (jika ada)

Namun jika menggunakan pembayaran non tunai, nantinya aka nada pilihan jenis non tunai yang ingin digunakan dan anda bisa memilihnya.

Mengoperasikan Mesin Kasir Manual

Jika sebelumnya cara mengoperasikan mesin kasir terbilang mudah karena hanya menggunakan scanner, maka pada langkah yang kali ini mungkin ada banyak hal yang perlu anda perhatikan. Untuk menggunakan mesin kasir manual, langkah-langkah yang harus anda lakukan antara lain adalah:

  • Memasukkan kode PLU barang yang dibeli konsumen, hal ini perlu anda lakukan saat menggunakan mesin kasir manual. Nantinya secara otomatis muncul harga barang tersebut.
  • Jika konsumen membeli barang yang sama namun dengan jumlah lebih dari satu, anda daoat menekan jumlah barang yang dibeli dan kemudian tekan tanda X dan kemudian tekan kode PLU
  • Jika transaksi sudah selesai dimasukkan, maka anda bisa menekan ST
  • Setelah itu masukkan jumlah uang yang dibayarkan sesuai dengan harga, kemudian tekan TL
  • Proses transaksi selesai

Cara mengoperasikan mesin kasir scanner maupun manual sebenarnya tidak jauh berbeda. Namun untuk mesin scanner memang terbilang lebih cepat dan praktis. Namun harga yang ditawarkan sudah pasti lebih mahal dibandingkan dengan mesin kasir manual.

Baik memilih perangat kasir dengan menggunakan scanner maupun manual, anda bisa mempercayakannya pada pilihan produk kami. Anda bisa mengakses website kami https://imin.co.id/ untuk menemukan produk sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.

Imin menjual produk dengan teknologi terbaru yang tentu saja mengikuti perkembangan jaman yang ada. Mulai dari pemindai wajah, transaksi digital, perangkat kasir android, dan printer super cepat bisa anda temukan disini.