Maag kronis merupakan salah satu gangguan pencernaan yang sering dialami oleh orang-orang. Banyak faktor yang dapat memicu penyakit ini, salah satunya adalah gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Ada banyak cara mengatasi maag kronis yang perlu Anda ketahui agar cepat sembuh.

Cara Mengatasi Maag Kronis

Maag disebut juga dengan istilah dyspepsia. Banyak yang salah persepsi yang menganggap maag adalah penyakit, padahal gejala dari gangguan lambung seperti infeksi lambung, GERD, radang lambung, tukak lambung, dan lainnya. Berikut ini beberapa cara mengatasi maag kronis, di antaranya:

  1. Mengkonsumsi Obat

Penanganan maag kornis tentu tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan resep dokter. Ada beberapa jenis obat yang biasanya diresepkan untuk penderita maag kronis. Contohnya seperti antasida, H2 receptor antagonist, Proton pump inhibitors, antibiotic, prokinetik, dan obat gastroprotektor.

  1. Mengatur Pola Makan

Salah satu yang dapat memicu munculnya gejala maag kronis adalah pola makan yang tidak teratur. Bagi penderita maag, disarankan untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil yang penting lebih sering. Jangan membiasakan diri berbaring setelah makan dan tunggu kurang lebih setidaknya 2 – 3 jam sebelum tidur.

Selain itu, hindari konsumsi makanan yang terlalu asam dan pedas seperti jeruk, tomat, dan sambal. Minuman bersoda, alkohol, kafein, cokelat, dan mint tidak disarankan untuk dikonsumsi karena dapat memicu maag.

  1. Mengkonsumsi Sereal Umbi Garut

Produk sereal umbi garut yang paling direkomendasikan bisa Anda dapatkan melalui distributor Nutriflakes terpercaya. Saripati umbi garut dipercaya mampu menetralkan PH lambung dan mengatasi nyeri pada organ pencernaan ini.

Selain itu, dalam produk ini juga terkandung bahan lain yang kaya akan manfaat seperti daun kelor timur, psyllium husk, gula aren, dan susu etawa.

  1. Mengelola Stress

Stress yang terlalu berlebihan juga bisa menyebabkan maag. Dokter biasanya akan meresepkan obat maag serta menyarankan untuk Latihan relaksasi, meditasi, dan konseling. Bahkan jika memang diperlukan penderita maag yang disebabkan karena stress bisa datang ke psikiater.

Cara mengatasi maag kronis di atas bisa Anda coba terutama ketika mengalami masalah tersebut.

By doni