Cara Mencegah Penyakit Kolesterol

Cara Mencegah Penyakit Kolesterol

Penyakit kolesterol tinggi bisa dialami oleh siapa saja. tidak hanya mereka yang sudah lanjut usia. Bahkan sekarang banyak anak muda yang memiliki kadar kolesterol tinggi. hal ini dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat. Sering konsumsi makanan berlemak dan kurang bergerak. Tahukah anda bahwa kadar kolesterol tinggi bisa menyebabkan risiko penyakit jantung lebih tinggi. berikut ini beberapa cara mencegah penyakit kolesterol yang harus anda lakukan.

Ketahui Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Untuk mencegah kolesterol tinggi, anda harus tahu kadar kolesterol didalam tubuh terlebih dahulu. Sehingga anda tahu harus melakukan pencegahan atau pengobatan. Lakukan pengecekan kolesterol lengkap di laboratorium. Sehingga anda tahu kadar kolesterol baik, kolesterol jahat dan juga trigliserid. Jika kadarnya masih normal, berarti anda harus melakukan pencegahan. Bila kadarnya tinggi segera lakukan pengobatan terlebih dahulu.

Rutin Berolahraga

Salah satu cara paling mudah mencegah kolesterol adalah melakukan olahraga secara rutin. Olahraga memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh. Saat berolahraga aliran darah menjadi lancar karena jantung bekerja dengan baik. ini akan membantu menghilangkan plak kolesterol di dalam tubuh. Tidak perlu olahraga terlalu lama. Cukup lakukan gerakan ringan 20-30 menit secara rutin setiap harinya. Tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit kolesterol tinggi.

Konsumsi Makanan Yang Sehat

Kolesterol tinggi berhubungan dengan gaya hidup dan pola makan. Jika anda memiliki pola makan yang tidak sehat, kemungkinan terkena kolesterol semakin tinggi. apalagi anda sering konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Untuk mencegahnya anda harus konsumsi makanan yang sehat dan hindari makanan berlemak. Ada beberapa alternatif makanan yang bisa anda coba.

  • Ganti minyak kelapa untuk menggoreng dengan minyak zaitun
  • Konsumsi daging yang tidak mengandung lemak jenuh. Seperti ikan
  • Ganti sarapan nasi dengan sarapan gandum utuh, seperti oat
  • Banyak konsumsi buah yang mengandung lemak tak jenuh, seperti alpukat
  • Perbanyak konsumsi kacang-kacangan. Seperti kenari, almond dan mete

Selain itu jangan lupa untuk perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Cara mengolah makanan pun harus diperhatikan dengan baik. kurangi makanan yang digoreng dan ganti dengan makanan yang direbus. Jangan gunakan minyak hingga berkali-kali, karena kandungan lemaknya semakin tinggi.  anda juga harus melakukan pengecekan kadar kolesterol secara rutin. Sehingga bisa mengontrol makanan yang anda konsumsi

Untuk memenuhi kebutuhan serat larut, anda bisa konsumsi nestle acticor dua kali sehari. Ada empat rasa yang enak yaitu green tea latte, chocolate, banana dan avocado. Minuman ini mengandung beta glucan dan inulin yang baik untuk mencegah penyakit kolesterol. Di minum dalam kondisi dingin akan lebih enak dan nikmat. Mulai sekarang ubah gaya hidup dan pola makan anda, supaya tubuh lebih sehat karena itu adalah satu cara mencegah penyakit kolesterol paling ampuh.