Cara Menanam Bawang Putih Dirumah Untuk Pemula

Salah satu bumbu masak yang selalu ada adalah bawang putih. Anda sering menggunakannya untuk berbagai masakan atau dimakan langsung. Namun, pasokan bawang kadang terganggu sehingga harga naik. Hal ini cukup merepotkan karena Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli bawang. Cara untuk menanggulanginya adalah dengan menanam bawang di rumah. Tahap dan cara menanam bawang putih tidak sulit justru tanaman ini paling mudah dibudidayakan.
Bawang putih terdiri dari dua macam yaitu soft neck dan hardneck. Untuk daerah tropis, bawang tipe soft neck adalah yang paling cocok. Selain itu, bawang putih mampu beradaptasi di segala musim untuk daerah tropis. 

Tahap Menanam Bawang Putih

Perlu Anda ketahui, menanam bawang putih tidak harus di area luas. Jika Anda petani dan tujuannya untuk keuntungan, tentu saja bawang harus ditanam di tempat yang cocok. Sebaliknya, setiap orang bisa menanam di rumah mereka. Untuk mengetahui tahap dan caranya, simak ulasan berikut ini.

1.    Memilih bibit

Tahap pertama adalah pemilihan bibit. Pilihlah bawang putih yang sehat dan tidak ada cacat. Anda dapat membeli bibit di toko pertanian terdekat. Hal yang perlu diperhatikan adalah bibit ini berbeda dengan bawang yang dijual di pasar. Bawang tersebut hasil panen setelah Anda menanamnya. Sebaliknya, umbi untuk bibit sudah disiapkan khusus.

2.    Pot dan tanah

Siapkan pot cukup besar yang muat untuk ukuran bawang putih. Isi pot dengan tanah dan pasir. Komposisinya antara tiga tanah dan satu pasir. Sisakan bagian atas sedikit untuk menjaga tanah tidak berlebihan. Pot harus memiliki sirkulasi air yang baik sehingga tidak tergenang jika disiram terus menerus.

3.    Penanaman

Anda perhatikan bawang putih yang sudah jadi. Lihat dimana daun tersebut tumbuh. Bagian inilah yang harus diletakkan dengan menghadap ke atas. Anda cukup menekan bibit bawang putih hingga cukup dalam lalu tutup dengan tanah. Bawang tersebut terdiri dari satu bagian tidak semuanya.

4.    Perawatan

Bawang sudah ditanam dan langkah selanjutnya adalah perawatan. Ini adalah tahap penting sebab menentukan sukses atau gagal budidaya ini. Perawatan dimulai dari menyiram air. Pastikan air tidak menggenang dan tidak berlebihan. Bawang putih butuh air cukup sehingga tanah harus gembur dan tidak kering. Selain itu, Anda mengurangi intensitas menyiram ketika menanam di musim penghujan. Untuk musim lain, Anda cukup menyesuaikan. Bawang putih harus ditempatkan di suhu ruangan atau tidak terik. Hindarkan bawang dari panas matahari langsung. Daun mulai tumbuh dan semakin banyak. Inilah tanda bahwa bawang tersebut dalam kondisi sehat.

5.    Panen

Ketika daun sudah mulai layu atau menguning, Anda tidak perlu khawatir. Ini adalah bukti kalau bawang siap untuk dipanen. Hentikan menyirami air kecuali Anda akan mencabut bawang dari tanah. Setelah bawang selesai dipanen, Anda bersihkan bawang tersebut,
Cara menanam bawang butuh tempat untuk pot. Jika area terbatas, Anda gunakan semacam rak untuk dengan dua atau tiga tingkat. Masing-masing digunakan untuk meletakan pot dan tambahkan pengaman.
Anda juga bisa menanam bawang di tanah dengan teknis yang hampir mirip. Tanah harus gembur dan cukup air serta tidak kering. Perawatan selanjutnya harus rutin dan teratur.setelah itu, bawang siap dipanen. Inilah cara menanam bawang putih yang mudah untuk pemula.