Setiap anak unik dan belajar secara berbeda. Dan itulah mengapa mereka layak mendapatkan sekolah yang sesuai dengan lingkungan belajar mereka. Orang tua sering terlihat menemukan dan mendiskusikan sekolah yang baik, lebih baik, dan terbaik. Karena mereka tahu, memilih sekolah yang tepat dapat membuat semua perbedaan dalam karir akademik lingkungan mereka. Jadi, pilihan sekolah penting bagi putri atau putra Anda untuk belajar, sukses, dan bahagia. Tapi bagaimana Anda bisa memilih sekolah terbaik?

Sebelum memilih sekolah terbaik di Bali yang paling siap untuk pembelajaran yang efektif bagi anak Anda, berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat:

Anda tahu bahwa Anda adalah yang terbaik untuk membuat keputusan tentang pendidikan anak Anda! Anda tahu minat, kebutuhan, tantangan, bakat, kebiasaan, dan hobinya.

Anda memiliki lebih banyak pilihan daripada sebelumnya, dari sekolah umum tradisional hingga sekolah piagam negeri, sekolah swasta, sekolah magnet, sekolah negeri/swasta secara digital, dan homeschooling bali.

Mulailah mencari sebelum sesi sekolah dimulai yaitu Jan-Feb sehingga Anda akan memiliki cukup waktu untuk memilih yang tepat.

1. Ingat waktu Anda sendiri di sekolah

Ya, kembali ke kenangan sekolah Anda. Ingat hari pertamamu di sekolah. Bagaimana Anda memandang pendidikan? Apa yang paling Anda sukai atau benci? Apa tantangan Anda dan bagaimana Anda menghadapinya? Semua tentang sekolah Anda akan membantu Anda menuliskan daftar persyaratan terbaik. Letakkan semua pengalaman Anda dalam perspektif dan saring pengalaman berbeda apa yang Anda inginkan untuk dimiliki anak-anak Anda.

2. Identifikasi tujuan Anda untuk anak Anda

Tentukan tipe siswa seperti apa anak Anda dan lingkungan apa yang paling dia butuhkan untuk berhasil. Apa harapan, impian, dan tujuan Anda untuk anak Anda? Anda ingin anak Anda menjadi apa? Identifikasi apakah anak Anda memiliki kebutuhan belajar tertentu? Apa yang paling penting bagi Anda untuk masa depan anak Anda? Apa kelebihan dan kekurangan anak Anda?

3. Mengumpulkan informasi tentang mempelajari lingkungan

Selidiki lingkungan belajar yang ideal untuk anak Anda. Putuskan apa yang Anda butuhkan dari lingkungan belajar sekolah? Apakah anak Anda membutuhkan lingkungan yang menumbuhkan kreativitas? Mungkin, ada tema atau subjek tertentu yang memotivasi anak Anda. Cari tahu apakah anak Anda suka berpartisipasi dalam diskusi atau tidak? Atau jika kemudian mulailah mendiskusikan hal-hal kecil melalui melakukan aktivitas fisik.

4. Buatlah daftar berdasarkan prestasi akademik

Bandingkan nilai ujian sekolah. Apakah nilai ujian naik atau turun? Mengetahui reputasi dan prestasi yang telah diterima sekolah. Jangan menghilangkan sekolah hanya karena Anda pikir mungkin sulit untuk masuk atau terlalu mahal. Buatlah daftar sekolah swasta terbaik di Bali daerah Anda. Cari informasi tentang sekolah-sekolah ini secara digital dan buat daftar terpisah tentang apa yang mereka tawarkan. Jangan lupa untuk mempertimbangkan homeschooling dan sekolah digital juga. Mulailah mempersempit daftar Anda dan kembangkan daftar pendek awal.

5. Kunjungi sekolah potensial

Wisata sekolah itu penting. Hubungi sekolah terpilih dan buat janji untuk berkunjung. Ajukan pertanyaan sebanyak mungkin, dan buat catatan terperinci. Jika memungkinkan, kunjungi sekolah dan ruang kelas mereka selama jam sekolah reguler, lihat sekeliling, dan pahami sekolah, guru, pendekatan, nilai, dan budaya tersebut. Tanyakan sepanjang tur Anda, tanyakan pada diri Anda: “Apakah ini lingkungan belajar di mana saya ingin melihat anak saya belajar dengan bahagia?” Lebih baik jika Anda ingin pertanyaan Anda dijawab adalah menjadwalkan janji temu dengan kepala sekolah. Carilah pertemuan terbuka orang tua-guru, atau acara sekolah lainnya untuk mendapatkan wawasan tentang sikap staf, siswa, dan orang tua. Jika Anda memiliki sekolah digital dalam daftar ember, jadwalkan wawancara telepon untuk mengajukan pertanyaan.

6. Evaluasi sekolah

Setelah tur, bandingkan semua catatan yang Anda buat sebelum memulai kunjungan dengan semua catatan dari kunjungan tersebut. Manakah sekolah terbaik yang memenuhi kebutuhan anak Anda? Setelah Anda selesai mempersempit daftar Anda menjadi dua atau tiga sekolah, evaluasi kriteria penerimaan. Anak Anda mungkin perlu diuji atau diwawancarai dengan berbagai cara, untuk berjaga-jaga, mulailah mempersiapkannya dengan persyaratan-persyaratan yang perlu diperhatikan.

7. Diskusikan dan pilih yang terbaik yang memenuhi kebutuhan anak Anda

Pentingnya duduk bersama anggota keluarga dan memilah hal-hal membuat kita menjadi manusia. Diskusikan sekolah atau lingkungan belajar yang paling cocok untuk anak Anda. Ini adalah keputusan yang sangat pribadi, sehingga perlu pemikiran bersama dan persetujuan setiap anggota, terutama dari para tetua. Anda dapat melakukan diskusi ini pada jamuan makan keluarga atau makan siang hari Minggu. Setelah Anda menyelesaikan yang terbaik, saatnya untuk mendaftar, mengirimkan aplikasi, mengisi dokumen, dan menyiapkan anak Anda untuk hari pertama sekolahnya!