Ingin tahu cara membuat genset? Mungkin Anda termasuk jutaan pengguna listrik di seluruh dunia yang tahu bahwa biaya listrik saat ini menguras kantong. Namun, melalui bantuan teknologi modern, orang telah menemukan sumber energi gratis yang melimpah di planet ini. Sumber energi ini berasal dari alam. Untuk lebih spesifik, sinar matahari, angin dan air dan kadang-kadang panas termal yang berasal dari inti bumi adalah sumber alami energi bebas.

Genset buatan sendiri diciptakan sebagai jawaban atas meningkatnya kebutuhan akan sumber listrik yang terjangkau dan murah. Generator ini didorong oleh minyak bensin, minyak mentah atau didukung oleh energi alami yang disebutkan pada paragraf di atas. Saat ini lebih praktis untuk membangun generator Anda sendiri yang menggunakan sumber daya alam daripada yang masih mengharuskan Anda mengeluarkan uang seperti minyak mentah dan bensin. Namun, ada beberapa yang masih bingung apakah generator buatan sendiri bisa dibuat. Sangat mungkin untuk membuat generator buatan sendiri hanya dengan menggunakan bahan-bahan sederhana untuk membuatnya.

Dua generator yang paling populer digunakan adalah generator turbin surya dan angin. Mari kita fokus membahas bagaimana cara membuat keduanya. Yang pertama akan kita bahas adalah langkah-langkah bagaimana membangun generator surya. Sebelum membangun satu, kita harus terlebih dahulu mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat generator surya. Kabel tembaga, papan kayu, lembaran kaca, sel surya dan unit alternator adalah bahan yang dibutuhkan.

Bagian pertama yang akan Anda buat adalah panel surya. Panel surya terdiri dari sel surya. Untuk membuat panel, tempelkan semua sel menjadi satu pada permukaan lembaran kaca. Lembaran kaca sebaiknya tebal untuk menampung semua sel. Panel surya akan menjadi jantung generator surya Anda. Fungsi utamanya adalah untuk menyerap energi matahari serta mengirimkannya ke kabel tembaga. Energi matahari dengan sendirinya masih belum menjadi energi yang dapat digunakan di rumah. Kali ini, untuk mengubah energi matahari menjadi listrik, Anda membutuhkan unit alternator.

Generator turbin angin di sisi lain lebih mudah untuk dirancang. Anda hanya membutuhkan bahan yang ringan dan tahan lama seperti pipa PVC, kabel, dudukan logam, dan unit alternator. Potong pipa PVC menjadi bilah tipis untuk membuatnya menjadi bilah turbin. Pastikan Jual Genset Murah bilahnya tipis tetapi cukup kuat untuk menyerap arus angin yang pada gilirannya menyerap energi angin. Turbin akan terus berputar saat angin bertiup. Untuk mengubah energi angin menjadi listrik, gunakan unit alternator. Ini adalah langkah-langkah sederhana tentang cara membangun generator.

Greg Newman suka merakit sesuatu sendiri. Proyek berikutnya adalah mempelajari cara membuat generator untuk digunakan di rumahnya. Dia berharap generator itu bisa menghemat uangnya dalam jangka panjang.

By Drajad