Berburu Tanaman Liar Yang Bisa Dijadikan Obat.

Ada banyak tanaman liar disekitar kita, selain pertumbuhanya yang cepat, kehadiran tanaman liar membuat semak serta dapat mengganggu tanaman budidaya kita.

Namun tahukah kamu, walau tanaman tersebut pengganggu atau gulma dan sering dibasmi begitu saja, ternyata beberapa tanaman liar mempunyai manfaat loh, terutama untuk pengobatan.

Ada beberapa jenis tanaman liar alias gulma yang diketahui mempunyai khasiat dalam mengobati, hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa pada tanaman yang memberikan penyembuhan.

Penasaran, berikut beberapa tanaman liar yang bisa menjadi obat herbal.

1. Rumput Meniran.

Yang petama ada rumput meniran. Ada yang tahu dengan tanaman satu ini?

Meniran adalah rerumputan liar yang dapat ditemui dengan mudah dan dimana saja, termasuk dalam pot bunga dan sekitar rumah kamu.

Rumput meniran juga sering digunakan sebagai obat tradisional dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan, seperti mencegah infeksi, mengobati luka, mencegah gula darah naik serta mengandung antioksidan.

2. Alang-alang.

Alang-alang atau ilalang, tumbuhan liar yang mudah hidup disembarang tempat.

Kehadiranya sangat mengganggu karena bisa menutupi pemandangan, mengganggu tanamna budidaya serta membuat lingkungan menjadi semak.

Namu tahukah kamu bahwa bagian dari akar tanaman alang-alang mempunyai khasiat dalam mengobati.

Khasiat tersebut akan kamu dapatkan apabila mengolah akarnya menjadi minuman teh aliar rebusan akar ilalang.

Beberapa khasiatnya adalah mampu mengatasi panas dalam, mengatasi sakit tenggorokan, melacarkan saluran pencernaan serta mengatasi sesak nafas.

4. Rumput Mutiara.

Rumput mutiara (Hedyotis Corymbosa) tanaman yang diketahui termasuk dalam keluarga Rubiaceae satu ini, tergolong dalam tanaman liar herbal yang banyak digunakan untuk bahan baku pembuatan obat herbal tradisional.

Bahkan untuk kegunaanya di beberapa negara seperti China, India dan beberapa wilayah di Asia Tenggara, menggunakan tanaman rumput mutiara sebagai obat dalam mengatasi beragam jenis penyakit berbahaya.

Beberapa khasiat yang paling fenomenal dari tanaman rumput mutiara ialah kemampuan dalam mencegah sel kanker berkembang, mengatasi masalah kulit, mencegah peradangan dan infeksi dan mejaga daya tahan tubuh.

5. Rumput Ketul.

Daun ketul atau tanaman ajeran adalah tanaman liar yang berbatang kecil, tegak paling tinggi hanya sekitar 1 meter.

Ciri tanaman ini ialah mempunyai bunga berwarna kuning, bergerombol pada bagian pucuknya. Diketahui ketul bukan berasal dari kawasan Indonesia merupakan pedatang dari benua afrika kemudian mulai menyebar ke Nusantara sekitar tahun 1800 an.

Tumbuhan satu ini pada dasarnya dapat tumbuh dan tersebar dimana-mana mulai itu dikebun, tepian jalan, semak-semak serta disekitar rumah.

Beberapa khasiat dari tanaman ketul dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit seperti sakit gigi, gatal-gatal, menurunkan diabetes, obat nyeri rematik, obat demam alami serta mampu mengatasi masalah jerawat dan bisul.

6. Tanaman Sembung.

Sembung adalah tanaman liar herbal yang menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan.

Biasanya tanaman bisa dijumpai dihutan, semak belukar, pingiran sungai, kebun hingga tebing, bahkan terkadang disekeliling lingkungan pun ada tanaman satu ini.

Khasiat sembung ada pada bagian daunya, dimana daunya di rebus untuk dikonsumsi airnya.

Beberapa manfaat dari tanaman satu ini diantaranya mengatasi flu, hidung tersumbat, penyakit reumatik, demam, radang sendi, diare hingga kembung.

Nah itulah beberapa tanaman liar yang bisa dijadikan obat herbal. Pada dasarnya menggunakan tanaman sebagai obat adalah pilihan masing-masing seseorang.

Walaupun para orang jaman dahulu mengunakan tanaman sebagai obat dalam mengatasi berbagai penyakit, bukan berarti tanaman tersebut ampuh, kamu juga harus mempertimbangkan dampak lainya.

Jika ragu dalam menggunakan tanaman sebagai obat, lebih baik diurungkan atau konsultasikan terlebih dahulu ke ahlinya.

Sumber healty99