Berapa Kandungan Gula Pada Susu?

Berapa Kandungan Gula Pada Susu?

Susu merupakan salah satu minuman yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bukan hanya untuk anak-anak namun juga orang dewasa. Bahkan selama masa pertumbuhan, anak-anak sangat disarankan untuk minum susu untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang dibutuhkan. Namun kandungan gula pada susu atau laktosa juga harus diperhatikan karena beberapa orang mengalami intoleransi laktosa.

Laktosa Dalam Susu

Gula menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk membuat berbagai macam makanan dan minuman. Gula yang digunakan bisa gula alami ataupun gula buatan. Susu bahkan menjadi salah satu minuman yang memiliki kandungan gula alami yaitu laktosa. Produk olahan susu juga ditemukan laktosa.

Untuk kandungan laktosa setiap produk biasanya tercantum di dalam label nutrisi dalam satuan gram. Dalam setiap 8 ons penyajian susu dan yogurt mengandung 12 hingga 13 gram gula. Kandungan gula pada susu skin atau susu rendah lemak memiliki kandungan gula yang sama. Namun kandungan gula yang terkandung dalam susu dan produk olahan susu merupakan gula alami yaitu laktosa.

Setiap produk susu memiliki kandungan laktosa yang berbeda-beda dan tidak semua memiliki kandungan laktosa yang tinggi apalagi sebagian orang mengalami alergi terhadap laktosa. Misalnya 1 ons keju cheddar, 1 ons keju mozarella, dan 1 ons mentega mengandung tidak lebih dari 0,1 gram laktosa.

Selain laktosa, gula tambahan juga ditambahkan pada beberapa produk susu untuk menambahkan rasa manis agar disukai oleh anak-anak. Misalnya seperti 8 ons susu cokelat rendah lemak mengandung 24 gram gula yang artinya kandungan gula tersebut lebih banyak dibandingkan kandungan gula pada susu biasanya. Sedangkan susu cokelat mengandung kurang dari ½ gram laktosa dan sisanya merupakan glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Meskipun laktosa dicerna dengan cara yang sama seperti mencerna gula lainnya, produk olahan susu memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Anda juga harus lebih berhati-hati saat menambahkan gula ke dalam produk olahan susu karena konsumsi gula secara berlebihan dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh. Tubuh juga tidak akan mendapatkan banyak nutrisi kecuali kalori di mana kelebihan kalori tentu tidak baik bagi tubuh.

The American Heart Association menyarankan bahwa laki-laki tidak boleh mengonsumsi lebih dari 150 kalori atau 38 gram per hari sedangkan untuk perempuan tidak lebih dari 100 kalori atau 25 gram gula tambahan.

Salah satu kendala yang seringkali dialami saat membeli produk susu dan olahannya yaitu produsen jarang mencantumkan berat masing-masing gula dan langsung total kandungan gula pada susu. Namun untuk mengonsumsi susu yang sehat anda bisa memilih produk susu dari Nestle dengan mengunjungi www.sahabatnestle.co.id untuk melihat berbagai produk susu yang lengkap.