Bagaimana Mahasiswa Dapat Mengurangi Stres Keuangan

Kemahasiswaan unri – Ketika mahasiswa masuk perguruan tinggi, kehidupan mereka berubah secara drastis, mereka terus menerus berada di bawah tekanan karena mereka diharapkan menjadi lebih bertanggung jawab dan mandiri. Sementara siswa sudah sangat stres karena kegiatan belajar dan transisi ke masa dewasa, keadaan menjadi lebih buruk ketika menghadapi situasi keuangan yang rumit yang menghadapkan mereka dengan tekanan tambahan yang ditimbulkan oleh tekanan keuangan.

Sulit bagi siswa untuk mengikuti studi dan memiliki pekerjaan tetap reguler pada saat yang sama, karena Anda tidak dapat melakukan dua hal dengan baik sekaligus. Jika siswa terlalu banyak bekerja maka pembelajaran diabaikan begitu pula sebaliknya. Konflik kepentingan dan kurangnya waktu untuk melakukan keduanya hanya menghasilkan lebih banyak stres daripada menguranginya. Itulah mengapa sangat baik untuk mengetahui semua cara yang mungkin untuk mengurangi tekanan finansial di perguruan tinggi dan bahwa pekerjaan tetap bukanlah satu-satunya pilihan yang dapat memecahkan masalah.

Beberapa tips bermanfaat untuk mengurangi stres finansial mahasiswa

Jauhi kartu kredit – Sepertinya kartu kredit dan debit sudah menjadi kebutuhan setiap inventaris siswa, bisa dikatakan memiliki kartu kredit menjadi trend yang populer. Tetapi apa yang kebanyakan siswa tidak sadari bahwa meskipun mereka memiliki kartu kredit untuk keperluan darurat saja, selalu ada situasi ketika mereka akan terbawa suasana dan mereka akan merasa perlu untuk membayar makan malam, pakaian baru atau barang non-darurat lainnya. pembelian yang akan dibayar entah dari mana selain batas kartu kredit kami. Jenis pembelanjaan ini selalu terjadi saat kartu kredit sudah dekat, sehingga pelajar harus berusaha untuk menghindari jenis kartu kredit apapun. Selalu belanjakan apa yang sebenarnya Anda miliki, bukan apa yang mungkin akan Anda miliki di masa depan.
Mintalah dukungan finansial dari keluarga dan kerabat Anda selama studi Anda. Dalam hal pendidikan, beberapa orang tua sangat masuk akal dan mereka dengan sukarela akan berkontribusi untuk studi Anda. Orang lain lebih suka meminjamkan uang kepada Anda dan mengharapkan pengembalian ketika Anda bekerja dan kami dapat mengatakan bahwa ini adalah pilihan yang lebih baik daripada mengambil pinjaman pelajar atau menggunakan kartu kredit. Jenis dukungan keuangan ini merupakan faktor penting dalam mengurangi tekanan keuangan siswa di perguruan tinggi, karena kerabat dapat menjamin keamanan finansial sampai jumlah tertentu tetapi ingat bahwa semuanya ada akhirnya dan cepat atau lambat Anda harus mandiri secara finansial.
Luangkan waktu dan periksa semua opsi beasiswa yang ada dan program bantuan keuangan yang tersedia untuk siswa. Jangan biarkan kepercayaan diri Anda yang rendah menjauhkan Anda dari setidaknya mencoba untuk mengajukan beasiswa atau bantuan keuangan. Cobalah, Anda tidak bisa kehilangan apapun, mencobanya, siapa tahu mungkin Anda berhasil. Waktu yang Anda habiskan untuk melamar tidak seberapa dibandingkan dengan apa yang Anda peroleh dari mendapatkan beasiswa atau bantuan keuangan. Mendapatkan suntikan finansial dapat sangat membantu Anda dalam menghindari tekanan finansial.
Gunakan liburan musim panas Anda secara rasional. Alih-alih menghabiskan liburan musim panas tanpa melakukan apa-apa dan hanya bersantai, cobalah mencari pekerjaan dan mendapatkan uang untuk tahun yang akan datang. Biasanya pekerjaan jangka pendek dibayar lebih baik dan tidak membosankan, cobalah mencari pekerjaan musiman dan mulai menghasilkan uang. Semua waktu yang dihabiskan untuk mendapatkan uang selama liburan akan terbayar sepanjang tahun karena Anda tidak perlu khawatir dengan anggaran Anda dan dengan demikian Anda akan terhindar dari stres.
Rancang rencana anggaran dan pertahankan. Pada awalnya ini mungkin tampak sebagai tujuan yang tidak perlu, tetapi jika Anda melihatnya lebih dekat, Anda akan menemukan bahwa dengan memiliki anggaran Anda akan menghabiskan lebih sedikit karena pengeluaran Anda akan terbatas. Pertimbangkan semua pengeluaran dan pendapatan bulanan, lalu pastikan Anda selalu menjaga keseimbangan positif, bahkan jika itu berarti Anda melewatkan beberapa pesta atau Anda membeli lebih sedikit pakaian setiap bulan. Menjaga keseimbangan positif sudah setengah jalan untuk menghilangkan tekanan finansial mahasiswa. Jadi ingatlah untuk memastikan bahwa anggaran Anda mencakup semua pengeluaran yang diperlukan dan kemudian Anda akan melihat berapa banyak uang yang tersisa untuk kemewahan. Memiliki anggaran yang direncanakan dan tidak mengikutinya tidak akan menunjukkan hasil, oleh karena itu penting untuk tetap berpegang pada itu. Anda harus mempertimbangkan apa yang Anda inginkan atau apa yang Anda inginkan dan melupakan hal-hal yang tidak mampu Anda beli.
Mulailah berpikir dan belanjakan secara rasional – Gunakan semua diskon yang tersedia, mulailah membeli dengan lebih hati-hati dan bandingkan harganya. Simpan uang sebanyak mungkin saat membeli barang baru. Dapatkan kupon dan gunakan, Anda mungkin menertawakan orang tua yang melakukan itu tetapi pada saat perlu, rasionalitas tidak dapat dihindari. Dengan menjadi konsumen yang rasional Anda akan mengurangi tekanan pada anggaran Anda dan dengan itu mengurangi tekanan finansial yang mempengaruhi Anda.
Bersantailah dengan kehidupan malam – Ini tidak berarti Anda harus berpesta lebih sedikit, Anda hanya harus melakukannya dengan tidak terlalu intensif. Batasi jumlah minuman keras yang Anda minum, berhentilah sebelum Anda mabuk karena kita semua tahu bahwa setelah minuman keras ada di kepala kita, dompet kita akan mudah kosong. Kontrol seberapa banyak Anda

minum dan berhenti sebelum Anda merasa cukup, membeli minuman dan pergi ke pesta dapat menimbulkan konsekuensi yang parah pada anggaran Anda dan dengan demikian menimbulkan tekanan finansial. Selain itu alkohol juga berdampak negatif pada kesehatan dan kinerja akademis kita yang mengakibatkan peningkatan stres lebih lanjut.
Pikirkan masa depan Anda – Ini adalah salah satu tip terakhir namun sangat penting untuk mengurangi tekanan finansial di perguruan tinggi. Bahkan jika Anda khawatir tentang keuangan Anda saat ini atau kemampuan pengeluaran Anda, Anda harus selalu ingat bahwa Anda belajar untuk masa depan. Jelas bahwa sekarang Anda harus belajar lebih banyak dan menaruh uang di jalur kedua. Sekalipun Anda tidak mampu membeli pakaian terbaik atau mobil baru, jangan terganggu oleh pikiran yang menyedihkan seperti itu. Pikirkan berapa banyak yang akan Anda peroleh dari pendidikan yang layak dan berapa banyak uang yang dapat Anda hasilkan nanti. Setiap peluang pengeluaran yang terlewat atau dihindari akan terbayar di masa depan berkali-kali lipat nilainya, cukup pastikan bahwa Anda mendapatkan pendidikan yang layak dan ketika Anda mendapatkan pekerjaan uang akan mulai masuk. Selalu pikirkan masa depan dan masa depan. tekanan keuangan saat ini, tekanan keuangan akan berkurang.

Kita semua harus tahu bahwa menjalani kehidupan kampus bisa sangat menegangkan tidak peduli bagaimana kita melihatnya. Tetapi memiliki kelebihan karena berfungsi sebagai persiapan untuk kehidupan dewasa ketika kita harus menghadapi semua tekanan sendiri. Mahasiswa mungkin berpikir bahwa tekanan keuangan adalah akibat dari pendapatan mereka yang rendah tetapi mereka harus menyadari bahwa nanti ketika mereka akan memiliki pekerjaan dan kehidupan tetap tidak hanya pendapatan tetapi juga biaya akan meningkat sehingga hidup kita dalam pertempuran terus-menerus dengan tekanan keuangan.