Ayo Baca Penjelasan Lengkap Mengenai Ekonomi Kreatif Disini!

Apakah kamu pernah mendengar tentang ekonomi kreatif? Jika belum, kamu perlu mengetahui tentang konsep ekonomi ini. Simak penjelasan kami mengenai konsep perekonomian yang saat ini sedang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia, yaitu konsep ekonomi atau industri …

Ayo Baca Penjelasan Lengkap Mengenai Ekonomi Kreatif Disini!

Ayo Baca Penjelasan Lengkap Mengenai Ekonomi Kreatif Disini!

Apakah kamu pernah mendengar tentang ekonomi kreatif? Jika belum, kamu perlu mengetahui tentang konsep ekonomi ini. Simak penjelasan kami mengenai konsep perekonomian yang saat ini sedang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia, yaitu konsep ekonomi atau industri kreatif.

Apa Sih Ekonomi dan Industri Kreatif Itu?

Ekonomi dan industri kreatif merupakan konsep ekonomi yang sangat mengutamakan informasi dan juga kreativitas dan industri yang mengusungnya. Di dalam konsep ini, manusia menjadi faktor yang penting karena dapat memberikan ide, dan juga kreativitas yang dapat menghasilkan inovasi produk.

Biasanya, ide atau kreativitas manusia berangkat dari kebutuhan, keinginan, permasalahan, dan juga keresahan yang ada. Karena itu, produk yang dihasilkan dari industri kreatif akan memiliki keunikan atau daya guna yang tinggi.

Jika konsep ini digunakan dan banyak industri kreatif yang tumbuh di Indonesia. Hal tersebut dapat menjadi indikasi bahwa perekonomian negara Indonesia menjadi lebih maju, dan negara kita juga memiliki kemampuan untuk bersaing dengan negara lainnya

Selama ide dan kreativitas yang dimiliki manusia sebagai faktor produksi utama industri kreatif ini masih baik, produk yang dihasilkan juga akan memiliki kualitas yang tinggi juga dapat bersaing dengan produk dari negara-negara maju.

Perekonomian negara kita yang saat ini masih berkembang, tidak menjamin bahwa masyarakat kita tidak memiliki kreativitas dan juga inovasi yang dapat bersaing di kancah Internasional, bukan? Namun karena tingginya daya saing, persaingan antar pelaku ekonomi akan menjadi lebih meningkat.

Apa Saja Subsektor atau Jenis Industri Kreatif?

Jika sebuah industri menggunakan konsep yang berfokus terhadap ide dan kreativitas manusia, industri tersebut dapat didefinisikan sebagai industri kreatif. Indonesia memiliki suatu badan atau lembaga yang mengatur dan menaungi industri kreatif.

Lembaga yang mengatur dan menaungi industri kreatif tersebut adalah Badan Ekonomi Kreatif yang kemudian disingkat dengan Bekraf. Bekraf sendiri kemudian menyatakan 16 jenis industri kreatif, yang 8 di antaranya akan dibahas di bawah ini:

1. Kuliner

Subsektor yang pertama merupakan industri kuliner. Dengan banyaknya ragam cita rasa kuliner di setiap daerah yang ada di Indonesia, hal tersebut dapat menarik minat dari wisatawan untuk datang dan mencicipi kuliner atau masakan tersebut.

Selain masakan tradisional, saat ini sudah banyak orang yang berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan masakan yang unik dan juga menarik. Entah memang perkembangan dari masakan yang sudah ada atau juga menu yang benar-benar baru.

2. Musik

Saat musisi membuat, merekam, mendistribusikan, dan juga menampilkan kreativitas mereka yang disalurkan kepada music, dapat dikategorikan sebagai industri musik.

3. Arsitektur

Kreativitas yang dimiliki oleh seorang arsitek dalam membuat desain dan tata bangunan sebuah bangunan, baik itu rumah, gedung, hotel ataupun lainnya tentu saja merupakan faktor produksi utama dari industri arsitektur.

4. Kerajinan

Industri kreatif ini banyak sekali ditemukan di Indonesia karena sudah menjadi kehidupan dan juga budaya bagi sebagian besar masyarakat. Bahan baku dari lingkungan yang sudah tidak bisa dipakai disulap menjadi barang dengan daya guna yang tinggi.

5. Research and Development

Kegiatan yang melakukan penelitian untuk menghasilkan penemuan atau pengembangan akan suatu produk ini merupakan salah satu contoh ekonomi kreatif. Produk dari industri ini dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar.

6. Fashion

Seiring dengan perkembangan zaman, industri fashion akan tetap bertahan dan bahkan juga ikut perkembang. Hal tersebut dapat terus berkembang selama para desainer masih memiliki ide dan kreativitas untuk menciptakan pakaian yang dibutuhkan oleh masyarakat.

7. Video

Saat ini, sudah banyak platform media sosial dengan basis video. Platform tersebut kemudian digunakan oleh para content creator untuk menyalurkan ide dan juga kreativitas pada berbagai bidang. Misalnya, kamu dapat melihat konten game, fashion, beauty, atau edukasi di Youtube.

8. Advertising

Sama halnya seperti fashion, industri ini juga akan selalu bertahan dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Hal ini dikarenakan setiap produk yang dihasilkan akan membutuhkan advertisement (iklan) sebagai pemasaran.

Saat ini, pemerintah Indonesia menaruh perhatian lebih pada konsep ekonomi ini dan mendukung industri kreatif, karena dapat meningkatkan lapangan pekerjaan yang akan menurunkan angka pengangguran. Mungkin kamu dapat menjadi salah satu pelaku ekonomi dan industri kreatif setelah ini?