Apa Arti Pakai Cincin Di Setiap Jari

Pada acara lamaran atau pertunangan pasti akan ada prosesi tukar cincin sebagai perlambang keseriusan pria mempersunting sang wanita pujaan. Berbeda dengan acara pernikahan, cincin tunangan tidak disematkan pada jari manis. Kalau begitu, cincin tunangan di jari mana

Di artikel kali ini akan dibahas arti dari penyematan cincin di setiap jari. Jangan sampai salah! Berikut info selengkapnya.

Apa Arti Pakai Cincin Di Setiap Jari

  1. Ibu Jari

Ketika cincin disematkan pada ibu jari atau jempol maka biasanya si pemakai memiliki karakter pribadi yang kuat. Dimana orangnya sangat ambisius, selera tinggi, mencintai kebebasan, dan cukup keras kepala. 

Arti cincin pada ibu jari juga menjadi simbol kekuasaan, dimana pemakainya berasal dari kalangan elit yaitu orang kaya yang ingin menonjolkan dirinya. 

Untuk membuat cincin yang cocok di ibu jari tentunya butuh material logam mulia yang lebih banyak sehingga harganya akan jauh lebih mahal dan melalui pemesanan khusus. 

  1. Jari Telunjuk

Penyematan cincin di jari telunjuk memiliki simbol kepemimpinan yang kuat. Terlebih lagi pemakainya punya kepercayaan diri yang tinggi dan memiliki ambisi kuat untuk berkuasa. Rasa kesetiakawanan yang tinggi juga bisa ditunjukkan dari cincin yang berada di jari telunjuk. 

Tak jarang mereka yang memiliki sahabat memakai cincin yang sama di jari telunjuk. Terdapat pula makna berbeda jika cincin di jari telunjuk dipakai di tangan kanan, menandakan orang dengan kepribadian kuat. 

Sedangkan arti cincin di tangan kiri menandakan ingin terlihat sebagai pribadi yang berbeda.

  1. Jari Tengah

Kebanyakan wanita juga suka menyematkan cincin di jari tengah. Ternyata letak cincin ini menandakan karakter seseorang yang gigih dan pantang menyerah terutama terkait karir. 

Selain itu, arti cincin di jari tengah juga menandakan perilaku seimbang dengan rasa tanggung jawab yang kuat. Mengenakan jari tengah juga dipercaya sebagai jimat keberuntungan untuk melewati masa sulit. 

  1. Jari Manis

Cincin yang berada di jari manis di tangan kiri menandakan seseorang yang sudah terikat melalui pertunangan atau pernikahan. Jari manis selalu menjadi simbol ikatan cinta antara dua sejoli yang memadu kasih. 

Budaya Asia atau Timur seringkali menempatkan cincin di jari manis tangan kanan ketika sudah terikat pernikahan. Arti cincin pada jari ini juga menandakan karakter romantis dari seseorang. 

  1. Jari Kelingking

Sebagian orang jarang menyematkan cincin di jari kelingking karena ukurannya yang paling kecil diantara jari lainnya sehingga kurang nyaman. Cincin yang diletakkan di jari kelingking kiri bermakna perubahan dan juga kesempatan. 

Sedangkan di jari kelingking kanan menyimbolkan keinginan yang tercapai. Cincin di jari kelingking menandakan seseorang yang ingin mencoba hal baru atau ingin membuat awal yang baru dalam kehidupannya.

Sekarang Anda sudah tahu arti dari posisi penyematan cincin. Mengenai pertanyaan cincin tunangan di jari mana juga sudah terjawab. Jadi, jangan sampai salah lagi, yah!