7 Taktik Link Building yang Efektif untuk Toko Online

cara optimasi website untuk blogger dan seo

Meskipun  membangun tautan adalah salah satu aspek SEO yang paling menantang, itu juga bisa menjadi salah satu yang paling bermanfaat.

Kunci untuk membangun tautan yang sukses adalah mengembangkan strategi konten dan teknik penjangkauan yang tepat, karena ini akan memungkinkan Anda untuk membangun tautan berkualitas dengan lebih mudah dan meningkatkan visibilitas halaman arahan dan situs Anda secara keseluruhan.

Mari kita lihat beberapa contoh terbaik dari taktik membangun tautan e-niaga yang efektif dan bagaimana Anda dapat menerapkannya untuk membantu bisnis online Anda sukses.

  1. Lakukan Pemasaran Video

Konten video membantu Anda menghidupkan produk merek Anda (dan cerita di baliknya) melalui panduan, narasi, dan video instruksional yang mendalam.

Media ini juga memungkinkan Anda membuat berbagai jenis konten untuk audiens target Anda, mulai dari cara mendidik hingga cerita lucu dan komedi slapstick.

Ini terbukti sangat berharga dalam upaya membangun tautan efektif yang melibatkan pelanggan dan mendorong rasio klik-tayang yang lebih tinggi. Konten video cenderung memiliki peringkat yang baik di Google dengan potensi cuplikan unggulan.

Misalkan Anda menjalankan toko e-niaga yang menjual mode terkini. Cara yang baik untuk menarik tautan (dan lebih banyak pelanggan) adalah dengan membuat beberapa konten video yang menyenangkan dan menarik tentang topik-topik seperti ’25 cara keren untuk mengencangkan sepatu ‘atau’ 9 cara memakai chino pria ‘, misalnya.

Selain itu, perluas jangkauan Anda dengan menghosting video di YouTube dan periksa kembali di Analytics untuk melihat siapa yang menyematkan video YouTube Anda.

Ini dapat memberi Anda peluang menjangkau blog yang relevan tempat Anda dapat meminta tautan kembali ke halaman asli di situs web Anda.

Salah satu sudut yang baik untuk diambil saat menjangkau blogger , setelah mereka menyematkan video, adalah memberikan alternatif yang lebih baik, seperti penyematan HD berkualitas tinggi yang tidak menyertakan iklan YouTube

Pastikan untuk menyertakan link atribusi yang diikuti di bawah embed iframe video!

  1. Memanfaatkan Produk Ekstrim untuk Membangun Tautan

Cara lain untuk memperoleh tautan dan membangun buzz di sekitar merek Anda adalah dengan menyimpan dan mempromosikan produk ekstrem (baik sebagai bagian dari rentang musiman atau segmen baru bisnis Anda).

Teknik ini memiliki kapasitas untuk menghindari demografi tradisional dan menarik khalayak massa.

Wish.co.uk telah menyempurnakan strategi ini, memanfaatkan sejumlah produk pengalaman ekstrem untuk membangun tautan yang efektif dan kesadaran merek.

Jika anda tidak yakin dengan kemampuan SEO anda, tidak ada salahnya jika di delegasikan pada Jasa Optimasi Toko Online, karena mereka memiliki pengetahuan yang dibutuhkan untuk ini.

Salah satu yang paling sukses adalah pengalaman terobosan cat Zombie-nya, yang benar-benar unik ketika diluncurkan dan sekarang menjadi sangat populer dalam industri ini.

Dengan membangun tautan di sekitar jenis produk ini, Anda dapat mengarahkan volume lalu lintas yang besar ke situs web Anda sambil menghasilkan interaksi yang cukup besar melalui saluran sosial.

Lebih banyak pendapatan. Klien yang Lebih Bahagia.

Terakhir, buktikan nilai upaya pemasaran Anda dengan CallRail. Tidak ada lagi “bagaimana jika”. Hanya hasil.

  1. Gunakan Influencer untuk Membangun Aset Konten

Penelitian menunjukkan bahwa Milenial (yang sekarang menjadi demografi konsumen dominan) semakin sinis terhadap merek besar dan pesan bersponsor, yang membuat proses membangun tautan semakin sulit untuk merek e-niaga.

Ini adalah tantangan yang dengan rapi dikesampingkan oleh pengecer mode online ASOS, karena  kampanye ASOS Insiders mereka memberdayakan influencer individu untuk membuat aset konten yang kuat dan membangun tautan atas nama mereka.

Singkatnya, ASOS membuat akun bersponsor untuk influencer terpilih dan blogger fesyen ternama, yang kemudian akan memposting gambar diri mereka di Instagram dan saluran lain yang mengenakan pakaian bermerek. Gambar-gambar tersebut akan disertai dengan tautan tertarget yang mendorong pelanggan untuk “membeli tampilan”, sementara juga menyertakan tip mode yang relevan dan konten gaya hidup informatif.

Dan sementara tautan dari media sosial ini mungkin tidak secara langsung memengaruhi peringkat organik, laman Insiders telah menarik 49 domain perujuk alami dari blogger mode dan situs seperti The Guardian.

Kampanye ini secara instan menyampaikan pesan alami yang memberikan nilai tambah pada pengalaman konsumen, sambil mempromosikan produk dalam pengaturan dunia nyata dan menawarkan wawasan unik tentang identitas merek.

Hasilnya benar-benar mengesankan, dengan ASOS mampu mengembangkan kampanye pembuatan tautan organik dan berbiaya rendah yang meningkatkan tingkat retensi pelanggan dan menjangkau demografi baru.

BLOGGING UNTUK SEO: 5 TIPS UNTUK PEMULA

  1. Buat Fitur Yang Membuat Produk Anda Mudah Dibagikan

Salah satu kampanye pembuatan tautan paling efektif akhir-akhir ini melibatkan Getty Image’s Embed , yang membuka sekitar 50 juta gambar untuk digunakan gratis di blog dan situs web media sosial.

Kunci dari kampanye ini adalah membuat produk dapat dibagikan kepada calon pelanggan, menciptakan jalur yang jelas untuk menskalakan ide dan mengarahkan lalu lintas kembali ke situs web mereka.

Jadi, daripada mencoba membangun tautan organik melalui posting blog jarak jauh atau konten eksternal (dan kemudian membuat perjalanan pelanggan menggunakan tautan internal), Anda dapat mengarahkan lalu lintas langsung ke halaman yang berada di jantung usaha Anda, jika Anda membuat gambar yang mencolok secara visual dapat disematkan.

Dalam proses mempromosikan produk anda, pastikan anda mengikuti panduan bagaimana cara membuat iklan online dengan tepat dan efektif.

Ini menciptakan potensi tautan Anda untuk dibagikan di luar jaringan konsumen Anda sendiri, menghasilkan lebih banyak lalu lintas dan potensi penjualan dalam prosesnya.

  1. Memberikan Contoh Produk kepada Blogger Berpengaruh

Menawarkan sampel produk gratis kepada blogger di ceruk pasar Anda dapat menjadi cara yang bagus untuk mengamankan cakupan dan mengarahkan lalu lintas, keterlibatan, dan tautan ke situs web Anda.

Saya merekomendasikan hanya bekerja dengan blogger yang berpengaruh di industri Anda.

Lakukan riset tentang pesaing Anda untuk melihat dengan blogger mana mereka bekerja secara teratur, dan di mana produk mereka telah ditinjau di seluruh web.

Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan perangkat lunak seperti Ahrefs atau Majestic untuk mengidentifikasi blogger mana yang telah menautkan kembali ke pesaing Anda, atau sebagai alternatif, pencarian Google sederhana akan melakukan trik, seperti “nama produk + ulasan”.