7 Faktor Penentu Harga Emas Antam

main image

 

Sebagai barang yang sering diperjual belikan, emas antam memiliki harga yang terus berubah. Fluktuasi ini tentu menimbulkan kebingungan bagi sebagian besar orang. Nyatanya, harga emas antam dapat ditentukan oleh berbagai faktor yang jarang disadari.

Supaya sukses dalam melakukan transaksi jual atau beli emas, maka seorang perlu memahami faktor penentu harga emas antam. Adapun penjelasan lengkap seputar faktor penentu harga emas antam terdapat pada penjelasan sebagai berikut.

 

  • Kebijakan moneter

Faktor penting yang biasa mempengaruhi harga emas antam adalah kebijakan moneter bank sentral Amerika Serikat. Hal ini terkait erat dengan tingkat suku bunga sehingga mempengaruhi minat masyarakat terhadap dolar.

Saat suku bunga dinaikkan, maka masyarakat akan berminat terhadap dolar. Artinya, harga emas berpotensi turun. Perubahan ini juga berlaku sebaliknya atau potensi kenaikan harga emas saat suku bunga menurun.

 

  • Ketidakpastian global

Sebagai komoditas yang diperdagangkan secara global, maka harga emas antam turut dipengaruhi oleh ketidakpastian global. Jenis faktor ini sangatlah beragam, mulai dari kondisi politik, perang dagang, hingga kondisi tak terduga seperti pandemi Covid-19.

Contoh nyata perubahan harga emas antam adalah mengalami peningkatan ketika masa ketidakpastian atau pandemi dimulai, misalnya per Agustus tahun 2020 lalu. Artinya, masyarakat cenderung memilih aset safe heaven seperti emas di tengah pandemi yang tidak diketahui akhirnya. Namun saat vaksinasi di seluruh dunia mulai digencarkan, maka harga emas antam kembali turun.

 

  • Nilai tukar dolar Amerika Serikat

Jika melihat headline berita, tidak jarang ditemukan bahwa perubahan nilai tukar dolar Amerika Serikat berimbas pada harga emas. Hal ini terjadi karena harga emas dalam negeri merupakan hasil konversi dolar AS menjadi rupiah.

Saat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat, maka harga emas antam akan mengalami penurunan. Sementara kenaikan harga emas antam terjadi sebaliknya yaitu ketika nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah.

 

  • Penawaran dan permintaan

Pada transaksi jual beli, maka faktor penentu harga paling dasar adalah permintaan dan penawaran. Permintaan berarti minat atau daya beli investor, sementara penawaran adalah bentuk penyediaan dari pihak Antam itu sendiri.

Aspek permintaan tinggi tanpa diimbangi dengan kenaikan penawaran tentu mendorong harga emas. Bagaimana tidak, ketersediaan terbatas sementara keinginan beli tinggi akan menyebabkan masyarakat rela membeli dengan harga lebih tinggi. Penurunan harga emas pun terjadi pada keadaan sebaliknya atau ketika ketersediaan emas tinggi tetapi permintaannya rendah.

 

  • Kondisi produksi

Produksi emas terus mengalami gejolak dalam beberapa tahun terakhir. Ancaman penurunan produksi pun kian di depan mata karena kehadiran Covid-19 serta menipisnya kawasan pertambangan di permukaan.

Tahun lalu, produksi emas global mencapai 3.200 metrik ton. Saat nominal produksi naik, maka terdapat kemungkinan perubahan harga yang turun jika permintaan tidak berubah signifikan.

 

  • Perhiasan dan industri

Tidak hanya digunakan sebagai emas batangan, emas juga diproduksi sebagai perhiasan yang digemari oleh kalangan wanita.

Selain perhiasan, emas pun bermanfaat untuk kebutuhan industri elektronik, komputer, hingga medis. Seluruh industri ini akan mempengaruhi perubahan permintaan yang dapat menjadi salah satu faktor penentu harga emas.

 

  • Inflasi

Inflasi atau keadaan saat harga-harga barang mengalami kenaikan menjadi salah satu faktor penentu harga emas antam. Saat inflasi, nilai uang cash pun menjadi turun sehingga masyarakat ingin memiliki aset yang lebih stabil.

Berdasarkan nominalnya, tingkat inflasi yang lebih tinggi cenderung mendorong kenaikan harga emas. Contohnya terjadi saat inflasi Amerika Serikat mencapai rekor tertinggi dalam 13 tahun terakhir, maka harga emas juga turut naik.

Meskipun telah mempelajari seputar 7 faktor penentu harga emas antam, para investor tetap perlu mengendalikan pikiran atau mental dalam menghadapi fluktuasi harga. Selamat memanfaatkan berbagai faktor di atas sebagai momentum tepat untuk memperoleh keuntungan, ya!