5 Hal yang Harus Terpenuhi Sebelum Ikut Seminar

Semakin kesini seminar lebih sering di jadikan lahan bisnis saja tanpa memberikan manfaat apapun terhadap orang yang mengikuti seminar. Pada dasarnya seminar adalah tempat untuk melakukan pertemuaan yang sifatnya sosial secara berkala yang di adakan …

Seminar bisnis

Seminar bisnisSemakin kesini seminar lebih sering di jadikan lahan bisnis saja tanpa memberikan manfaat apapun terhadap orang yang mengikuti seminar. Pada dasarnya seminar adalah tempat untuk melakukan pertemuaan yang sifatnya sosial secara berkala yang di adakan oleh seseorang sebagai bentuk pengajaran secara akademis.

Menghadiri seminar tentunya membutuhkan waktu luang terutama untuk mereka yang hanya memiliki waktu kosong pada hari sabtu dan minggu saja. Oleh sebab itu harus bisa menentukan seminar mana yang layak di ikuti tapi tetap memberikan dampak postif pada kehidupan sehari-hari.

Semakin maju teknologi, seminar tidak hanya tersedia pertemuaan tatap muka tapi juga seminar online yang lebih di kenal dengan webinar. Di era pandemi ini banyak sekali webinar yang tersedia baik secara gratis ataupun berbayar. Meskipun gratis anda harus selektif untuk memilih seminar yang di ikuti, karena ketika mengikuti seminar online kita harus memiliki modal untuk membelik kuota internet, sedang seminar rata-rata 1-3 jam itu membutuhkan kuota internet antara 500 MB sampai 4 GB oleh sebab itu ada beberapa hal yang harus di pastikan untuk mengikut seminar online ataupun offline.

  1. Materi Pembahasan

Pastikan materi yang anda ikut ketika memilih mengikut seminar tidak hanya karena mengikuti trend saja.  Jadi pilihlah sesuai apa yang ingin benar-benar di pelajari walaupun itu tidak sesuai passion atau lebih baik mengambil seminar yang pembahasannya sesuai passion.

  1. Pahami teknik promosi seminar

Nah ini bisa di bilang sangat penting untuk memahami teknik penyelenggara seminar promosi. Apabila di rasa lebay atau berlebihan ketika mempromosikan seminar yang di adakan, maka ada kemungkinan mereka hanya mengejar penjualan tiket peserta seminar tanpa memberikan apa yang mereka sampai ketika promosi.

  1. Reputasi narasumber

Tidak ada salahnya sedikit kepo seputar siapa narasumber yang mengisi seminar. Karena ketika narasumber dirasa memiliki kredibilitas serta profesional tentang materi yang di sampaikan tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk mengikut seminar.

Sedikit tambahan, selain penting reputasi narasumber tapi juga harus mengetahui reputasi penyelenggara terkadang ada juga narasumbernya bagus tapi penyelenggara membuat segalanya tidak nyaman.

  1. Budget

Tidak kalah penting yang satu ini, jangan memaksakan diri untuk mengikut seminar yang membuat kondisi keuangan menjadi bermasalah. Ikutlah seminar sesuai budget yang di miliki atau memilih menambung untuk mengikuti seminar selanjutnya.

  1. Waktu dan Lokasi Seminar

Meski sekarang sudah terdapat seminar online baik itu untuk seminar bisnis, pengembangan diri dll tapi pastikan waktunya tidak berbenturan dengan rutinitas harian anda. Selain itu untk mengikut webinar pastikan juga memiliki koneksi internet yang mumpuni, setidaknya kalau streaming youtube 480p lancar maka untuk menonton seminar online sudah bisa.

Apabila yang di ikuti seminar offline tatap muka maka pastikan jarak tempu ke lokasi tidak terlalu jauh, sehingga bisa tetap fokus saat mengikuti seminar. Jangan sampai karena jarak tempuh yang jauh, anda ketika sampai lokasi merasa lelah sehingga tidak fokus ikut seminar.

Saat ini salah satu seminar bisnis di Indonesia yang terpercaya yang tersedia versi webinar dan tatap muka adalah Coach Tom yang merupakan top Coach di Indonesia saat ini yang memenuhi lima kriteria di atas.