trademark-stamp

Segera setelah Anda mulai menggunakan nama dan logo bisnis Anda, Anda sedang membangun perlindungan merek dagang hukum umum untuk mereka. Ini dapat membantu Anda jika seseorang melanggar merek dagang Anda secara lokal, tetapi mungkin tidak banyak berguna jika Anda memperluas bisnis Anda atau jika seseorang dari luar negara bagian mulai menggunakan merek dagang Anda di internet. Untuk memberikan merek dagang Anda perlindungan nasional yang lebih kuat, Anda harus mendaftarkannya ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO).

Pendaftaran merek dagang yang sukses memiliki beberapa langkah: penelitian, aplikasi yang akurat, tindak lanjut, dan pemantauan rutin. Berikut adalah garis besar langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mengamankan dan mempertahankan merek dagang Anda.

1. Kerjakan Pekerjaan Rumah Anda

USPTO tidak akan mendaftarkan merek dagang Anda jika ada “kemungkinan kebingungan” dengan merek dagang terdaftar lainnya. “Kemungkinan kebingungan” sering muncul ketika dua merek serupa dan digunakan untuk barang atau jasa yang serupa. Untuk meminimalkan kemungkinan aplikasi Anda akan ditolak karena alasan ini, Anda harus melakukan yang komprehensif pencarian merek dagang sebelum mengajukan permohonan perlindungan merek dagang federal.

Anda dapat mencari sendiri merek dagang terdaftar federal menggunakan Sistem Pencarian Elektronik Merek Dagang USPTO (atau TESS), atau Anda dapat menyewa perusahaan seperti LegalZoom untuk melakukan pencarian untuk Anda. Pencarian komprehensif juga akan mencakup pencarian merek dagang yang terdaftar di pemerintah negara bagian dan merek dagang yang memiliki perlindungan hukum umum.

2. Siapkan dan Ajukan Aplikasi Merek Dagang

Jika pencarian merek dagang Anda tidak mengungkapkan konflik apa pun dengan merek dagang yang tertunda atau terdaftar, langkah selanjutnya adalah mengajukan aplikasi merek dagang melalui Layanan Aplikasi Elektronik Merek Dagang USPTO (TEAS). Anda akan diminta untuk memberikan “gambar” merek Anda seperti yang muncul dengan sendirinya, dan “spesimen” seperti label atau brosur yang menunjukkan bagaimana Anda menggunakan merek dalam bisnis Anda.

Anda bisa mendaftarkan merek sendiri, tapi jika ada kenala bisa menggunakan jasa pendaftaran merek seperti Patenku, ini jauh lebih murah dan aman. Bahkan merek anda bisa di amankan lebih cepat.

Anda juga harus mengidentifikasi jenis barang atau jasa yang Anda gunakan untuk merek Anda. Sangat penting untuk menjadi akurat karena Anda hanya akan memiliki perlindungan merek dagang untuk jenis barang atau jasa yang Anda daftarkan di aplikasi Anda.

Setelah aplikasi Anda selesai, Anda dapat mengirimkannya secara elektronik dengan biaya pengarsipan yang tidak dapat dikembalikan, yang saat ini $225-$325 per kelas barang atau jasa yang terdaftar.

3. Segera Tanggapi Tindakan atau Penentangan Kantor

Permohonan merek dagang Anda akan diserahkan kepada seorang pengacara pemeriksa USPTO, yang akan meninjaunya dan mengirimi Anda surat resmi yang disebut “Tindakan Kantor” jika ada pertanyaan atau masalah. Tindakan kantor bukanlah hal yang tidak biasa, dan penting untuk menanggapinya dengan serius dan menanggapinya dengan tenggat waktu yang ditentukan. Jika Anda melewatkan tenggat waktu, aplikasi Anda akan dianggap ditinggalkan.

Untuk menanggapi tindakan Kantor, Anda harus mengatasi masalah untuk kepuasan pengacara pemeriksa USPTO. Setelah semua masalah diselesaikan, pemberitahuan merek dagang Anda akan dipublikasikan di Lembaran Negara dan siapa pun yang keberatan dengan pendaftaran merek dagang dapat mengajukan sanggahan.

Tindakan kantor dan oposisi dapat menimbulkan masalah hukum dan teknis yang kompleks. Karena Anda berisiko aplikasi Anda ditolak, Anda mungkin ingin mendapatkan saran dari pengacara merek dagang.

4. Pantau Merek Dagang Anda

Setelah Anda pendaftaran merek dagang disetujui, Anda dapat mulai menggunakan simbol merek dagang terdaftar, ®. Tetapi upaya Anda untuk melindungi merek dagang Anda seharusnya tidak berakhir di situ. USPTO mendaftarkan merek dagang, tetapi tidak memberlakukannya—terserah Anda.

Salah satu cara untuk melindungi merek dagang Anda adalah dengan memantau pengajuan USPTO dan menentang aplikasi apa pun untuk mendaftarkan merek dagang yang tampaknya mirip dengan milik Anda. Cara lainnya adalah bersikap tegas jika Anda mengetahui perusahaan lain yang menggunakan nama atau logo yang mirip dengan merek dagang terdaftar Anda. Terkadang, surat “berhenti dan berhenti” sederhana akan menghentikan pelanggar, tetapi, jika itu tidak berhasil, pendaftaran merek dagang federal Anda memberi Anda hak untuk mengajukan gugatan di pengadilan federal.

5. Pertahankan Merek Dagang Anda

Pendaftaran merek dagang berlangsung selama 10 tahun dan dapat diperpanjang untuk periode 10 tahun tambahan, tetapi Anda harus mengajukan dokumen pemeliharaan antara tahun kelima dan keenam setelah pendaftaran, antara tahun kesembilan dan kesepuluh setelah pendaftaran, dan setiap 10 tahun setelah itu. Jika Anda melewatkan tenggat waktu, pendaftaran merek dagang Anda akan dibatalkan.

Dengan penelitian yang cermat dan aplikasi yang disiapkan dengan baik, Anda akan segera memiliki merek dagang terdaftar. Dan, setelah merek dagang Anda terdaftar, pastikan untuk memantaunya dan mengajukan dokumen pemeliharaan untuk memastikan bahwa perlindungan merek dagang yang Anda peroleh dengan susah payah bertahan selama bisnis Anda.

By jago

Mister Jago Hadir untuk berbagi berbagai informasi seputar pemasaran online dan Pembuatan webiste WordPress. Jika anda butuh referensi lebih, silahkan kunjungi : https://www.salimdigital.com/blog-salim/