Pinjaman online resmi merupakan salah satu aplikasi jasa fintech atau financial technology yang menawarkan solusi untuk persoalan keuangan Anda. Perkembangan aplikasi peer-to-peer lending atau P2P ini pun belakangan kian bertambah marak di tanah air.

Anda bisa menemukan situs pinjaman online resmi yang menawarkan pinjaman dana untuk berbagai keperluan pribadi, modal usaha, atau kebutuhan lainnya. Selain itu, ada pula sejumlah situs yang menerapkan prinsip syariah sebagai dasar hukum operasionalnya.

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online Resmi

Sebelum memutuskan untuk melakukan sesuatu, Anda tentunya perlu memikirkannya masak-masak. Demikian pula halnya dengan keputusan untuk memanfaatkan situs pinjaman online guna menjadi solusi untuk persoalan finansial Anda.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari situs pinjaman online yang barangkali perlu Anda pertimbangkan, antara lain:

Mudah untuk diakses

Keunggulan utama dari layanan fasilitas online adalah memberikan Anda kemudahan untuk menjangkaunya dari berbagai lokasi, termasuk tempat kediaman pribadi. Anda bisa mengakses situs tersebut melalui website atau mengunduh aplikasinya langsung di ponsel pintar.

Proses registrasi dan pengajuan dana relatif lebih ringkas

Dengan adanya sistem pinjaman online, Anda kini tak perlu lagi mengisi sejumlah formulir dan berkas pendaftaran untuk mengajukannya. Anda bisa mengurus prosedur ini dengan memilih sejumlah menu yang terdapat dalam situs atau aplikasi.

Jangka waktu pencairan dana relatif lebih cepat

Menurut berbagai sumber, lamanya proses pencairan dana dari situs pinjaman online rata-rata hanya sekitar 1×24 jam. Hal itu tentunya akan sangat menguntungkan bagi Anda yang sedang memiliki kebutuhan mendesak.

Bunga kompetitif

Sesuai dengan ketentuan pemerintah, tingkat suku bunga untuk pinjaman online ditetapkan maksimal sebesar 0,8persen per hari.

Limit dan tenor pinjaman relatif lebih terbatas

Nominal dana yang ditawarkan oleh situs pinjaman online umumnya relatif tidak terlalu besar, yakni antara Rp500.000 sampai maksimal Rp20juta. Tenor atau jangka waktu pengembaliannya juga relatif lebih singkat, yakni maksimal 20 bulan.

Selain mempertimbangkan poin-poin di atas, Anda tentunya juga perlu berhati-hati dalam memilih situs pinjaman rekanan. Pilihlah pinjaman online resmi yang telah memiliki izin usaha legal dan terdaftar dalam situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

By skyweb